[Home]
[pengelola]
[kalender]
[kurikulum]
[subprogram & modul]
[pembimbing akademik]
[referensi th 1-3]
[referensi th 4]
[peraturan akademik]

Pembimbing Akademik (PA) Mahasiswa FKUI

bulletKoordinator PA: DR. Dwi Anita Suryandari M.Biomed & Sasanthy Kusumaningtyas, MBiomed

Kata Pengantar dari Ketua Medical Education Unit FKUI

Pembimbing Akademik (PA) adalah seorang staf pendidik yang ditetapkan untuk membimbing seorang atau lebih mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Pada pola pendidikan yang lama yaitu dengan metode pembelajaran pasif, mahasiswa belajar secara individual dengan serius yang dibayangi adanya ancaman dan hukuman atas proses pembelajarannya atau suatu penghargaan atas keberhasilannya.

Ada para ahli pendidikan yang berpendapat bahwa dalam proses belajar terjadi kegiatan berpikir yang hanya melibatkan otak. Tetapi pada saat ini berkembang suatu pemikiran dimana dalam proses belajar selain melibatkan otak juga diperlukan aktivitas gerakan tubuh. Dampaknya adalah terjadinya peningkatkan sirkulasi darah dan peningkatan zat kimia aktif yang mempengaruhi jaringan saraf di dalam otak. Oleh karena itu metode pembelajaran yang digunakan di FKUI adalah active learning, adult learning dan aktif mengikuti diskusi dalam kelompok belajar sesuai dengan paradigma baru Pendidikan Tinggi. Akibat metode pembelajaran active learning ini, banyak mahasiswa yang merasa ragu-ragu atas kuantitas maupun kualitas informasi yang didapatkannya.

Perubahan metode pembelajaran active learning ini mempunyai dampak yang secara tidak langsung pada faktor non akademik.
Seorang Pembimbing Akademik diharapkan dapat membantu mahasiswa mengatasi masalah-masalah, baik yang bersifat akademik maupun non akademik.

Belajarlah dalam suasana tetap bergembira


dr. Muzakkir Tanzil, SpM(K)
Medical Education Unit FKUI

 

 

 

Metode Pelaksanaan  
  1. Seorang Pembimbing Akademik akan membimbing hingga 10 (sepuluh) orang mahasiswa selama masa pendidikan, mulai dari tahun pertama hingga lulus dokter.

  2. Pembimbing akademik diharapkan dapat bertemu/berkomunikasi dengan mahasiswa bimbingannya secara rutin setidaknya pada setiap pertengahan kegiatan modul sehingga tidak terlambat memberikan bimbingannya.

  3. Pembimbing akademik diharapkan dapat membuka diri sehingga mahasiswa tidak merasa segan untuk meminta pertemuan dengan pembimbing akademik.

  4. Pertemuan sebaiknya dilaksanakan di luar jam kegiatan akademik sehingga tidak mengganggu kegiatan akademik yang telah dijadwalkan.

  5. Setiap kali pertemuan, buku pembimbingan harus diisi dan ditandatangani oleh mahasiswa dan pembimbing akademik.

 

  1. Tempat dan waktu pertemuan ditentukan dan disepakati oleh mahasiswa dan pembimbing akademik yang bersangkutan, di lingkungan kampus/RS Pendidikan.

  2. Pembimbing akademik diharapkan memiliki akses informasi yang luas, khususnya terhadap sarana/prasarana atau fasilitas lain yang dapat membantu menyelesaikan masalah mahasiswa, misalnya program beasiswa apa saja yang tersedia bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan.

  3. Pembimbing akademik memberikan hasil telaahannya mengenai masalah mahasiswa bimbingannya kepada konselor pendidikan FKUI/Ketua Modul. Jika diperlukan pembimbing akademik dapat meminta data tentang kinerja mahasiswa bimbingannya kepada Ketua Modul.

  4. Pembimbing akademik mengingatkan mahasiswa untuk selalu melengkapi portfolionya.

  5. Nama Pembimbing Akademik akan diberikan pada mahasiswa pada awal tahun akademik dan dapat dilihat di SIAK NG.

  6. Pembimbing Akademik wajib mengkaji isian rencana studi mahasiswa setiap semester dan menyetujuinya apabila telah sesuai dengan ketentuan akademik yang berlaku.

 

download Buku Komunikasi Mahasiswa - PA: Buku_saku_PA_untuk_mahasiswa'08.pdf

download catatan pertemuan mahasiswa - PA: catatan_pertemuan_mahasiswa_PA.pdf

download lembar catatan pertemuan perdana - PA: LEMBAR CATT PERDANA.pdf

 

Daftar nama mahasiswa dan pembimbing akademiknya dapat dilihat di SIAK NG

 

Last updated: 05/14/11

Home | pengelola | kalender | kurikulum | subprogram & modul | pembimbing akademik | referensi th 1-3 | referensi th 4 | peraturan akademik

 Copyright FKUI

Jl Salemba Raya no 6 Jakarta 10430 Indonesia
Pengelola web [Nani Cahyani Sudarsono] [Imelda Rosalyn S]